Sudah Mengenal Istilah dalam Stand Up Comedy?

Sudah Mengenal Istilah dalam Stand Up Comedy?

GOSIP KOMEDI, – Stand Up Comedy merupakan bentuk komedi yang ditampilkan secara monolog di hadapan penonton. Stand Up Comedy biasanya dilakukan secara live oleh satu orang. Inilah yang dihadirkan Metro TV dalam sebuah variety show bertajuk Stand Up Comedy Metro TV yang di siarkan setiap hari selasa pukul 22:30. Disini Anda akan dihibur oleh lawakan-lawakan segar yang akan mengocok perut Anda dan menjadi penghangat suasana di tengah-tengah keluarga.

Stand-up comedy bukanlah joke telling. Ciri khusus stand-up comedy adalah materinya tidak nyomot, tapi hasil dari pemikirannya sendiri. “Stand-up” sendiri artinya bukan berdiri, melainkan lebih kepada mengutarakan dan membela opini serta pandangannya. Pemaknaan “stand-up” di sini seperti dalam kalimat “he stood up for what is right“.

Joke telling: melucu sambil melemparkan anekdot, tebak-tebakan, lelucon yang ia kumpulkan dari berbagai sumber, misalnya dari internet, buku, broadcast message, dan lain-lain.

Bit: satuan materi stand-up yang terdiri atas set-up dan punchline. Misalnya Pandji punya bit tentang ganja, bit tentang komodo, bit tentang nama-nama jalan yang aneh, dan lainnya.

Set: satuan pertujukan stand-up yang biasanya terdiri atas sejumlah bit. Misalnya, semua bit yang kita punya digabungkan menjadi satu dengan rangkaian yang pas dan teratur, maka saya punya set berdurasi sekitar 30 menit.

Set-up: bagian yang tidak lucu dari sebuah bit, biasanya premis atau pengantar dari bit tersebut ke bagian yang lucu.

Punchline: bagian yang lucu cari sebuah bit. Biasanya membalikan premis atau memberikan sesuatu yang mengejutkan sebagai penutup dari set-up atau premis tadi. Karena efek mengejutkannya itu maka disebut PUNCH-line. Kalimatnya harus “nonjok”.

Kill: ketika kita sukses membuat penonton tertawa sepanjang set kita.

Bomb: ketika kita gagal membuat penonton ketawa atau garing.

Sekarang sudah tahu kan? Berarti sudah tidak bingung lagi? Jangan lupa tonton terus Stand Up Comedy Metro TV.

Dan untuk acara standup komedi malam ini akan menghadirkan edisi Open mic ada Popon, Faisal, Adityo, Imam, Iwan dan Anggi. Dengan komentator @muhadkly dan @Mongol_Stres. 22:30 WIB. (berbagai sumber/bacagosip.com)

Share This