Kalau Courtois Main, Belgia Belum Pernah Kalah

Kalau Courtois Main, Belgia Belum Pernah Kalah

Gosip bola – Kemenangan 2-1 atas Aljazair pada laga grup H di Estadio Mineira, Rabu (18/6/2014) menambah rapor penampilan penjaga gawang Belgia, Thibaut Courtois

Kemenangan ini membuat Courtois belum pernah mengalami kekalahan setiap kali membela Belgia. Dari 18 pertandingan dia mengantarkan Belgia meraih 12 kemenangan dan enam kali bermain imbang. Dalam kurun waktu itu Courtois mencatatkan 10 clean sheet.

Catatan penampilan Courtois bersama Belgia lebih baik dari deputinya, Simon Mignolet. Dari 14 penampilan bersama Rode Duivels, penjaga gawang Liverpool itu mengalami lima kekalahan.

Bertambahnya catatan bagus Courtois tidak lepas dari keputusan jitu pelatih Belgia, Marc Wilmots, begitu Rode Duivels tertinggal 0-1 pada babak pertama. Pada awal babak kedua pria 45 tahun itu memasukkan Dries Mertens menggantikan Nacer Chadli. Kemudian pada menit ke-65 Wilmots menarik Mousa Dembele dan memasukkan Marouane Fellaini. Nama terakhir sedang disorot karena tampil buruk bersama Manchester United musim lalu.

Keputusan Wilmots terbukti jitu. Fellaini hanya butuh lima menit untuk menyamakan kedudukan. Umpan silang Kevin de Bruyne dari depan kotak penalti dituntaskan Fellaini dengan sundulan yang sempat mengenai tiang.

Empat menit kemudian keputusan Wilmots akhirnya menciptakan sejarah. Tendangan keras Mertens dari dalam kotak penalti Aljazair menghadirkan kemenangan pertama Belgia setelah tertinggal sejak 1986.

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Ravianto
Share This