Inilah Fakta Menarik Australia vs Belanda

Inilah Fakta Menarik Australia vs Belanda

Gosip bola – Laga grup B antara Australia melawan Belanda di Estadio Beira, Rabu (18/6/2014) menyajikan sejumlah fakta menarik. Berikut ini adalah fakta-fakta tersebut.
Kemenangan 5-1 atas Spanyol pada laga pertama membuka peluang Belandamenembus babak semifinal. Sejarah membuktikan De Oranje tidak pernah terlempar dari Piala Dunia sebelum babak semifinal setelah mencetak sedikitnya empat gol pada satu pertandingan. Belanda pernah melakukannya pada Piala Dunia 1974, 1978, dan 1998.

Belanda berpeluang meraih kemenangan atas Australia pada laga ini. Belandaselalu memenangkan empat laga fase grup Piala Dunia terakhir. Belanda juga tidak terkalahkan pada 11 laga terakhir mereka (laga fase grup) sejak kalah dari Belgia pada Piala Dunia 1994.

Namun demikian, Belanda tidak boleh memandang remeh Australia, kontestanPiala Dunia 2014 dengan peringkat FIFA terendah. Belanda tidak pernah mengalahkan Australia pada tiga laga terakhir, dua kali imbang dan sekali kalah.

Bermainnya Tim Cahill sejak menit awal juga membuka peluang Australia untuk menghambat langkah Belanda ke babak 16 besar. Cahill telah mencetak empat dari sembilan gol Australia di Piala Dunia, kontribusinya mencapai 44 persen. Termasuk satu assist, berarti kontribusi Cahill terhadap gol Socceroos di Piala Dunia mencapai 56 persen.

Tampilnya Cahill dan Mark Bresciano pada laga ini sekaligus mengukir rekor baru bagi persepakbolaan Australia. Keduanya mencatatkan tujuh penampilan di Piala Dunia, melampaui penampilan Jason Culina, Lucas Neill, dan Scott Chipperfield.

Penulis: Deodatus S. Pradipto
Editor: Hertanto Soebijoto
Share This