Ini Perkiraan Harta Prabowo 10,1 Milliar dan 416.135 Dollar AS

Ini Perkiraan Harta Prabowo 10,1 Milliar dan 416.135 Dollar AS

GOSIP POLITIK – Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto mendeklarasikan dirinya sebagai calon Presiden RI, dengan didukung sejumlah partai politik di antaranya PAN, Golkar, PKS dan PPP.

Untuk maju sebagi Capres dalam pemilihan umum 2014, Prabowo wajib melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi.

Namun sampai saat ini Prabowo belum melaporkan harta terakhirnya kepada KPK sebagai capres. Tetapi mantan perwira tinggi TNI Angkatan Darat itu tercatat pernah satu kali melaporkan harta kekayaannya sebelum mendeklarasikan diri sebagai capres.

Prabowo melaporkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) dalam kapasitasnya sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando ABRI pada 25 Juli 2003.

Merujuk dokumen elektronik LHKPN yang diakses melalui laman acch.kpk.go.id, total nilai aset yang dilaporkan Prabowo ketika itu sekitar Rp 10,1 miliar dan 416.135 dollar AS.

Total aset itu terdiri dari harta tidak bergerak, harta bergerak, surat berharga, serta giro dan setara kas lainnya.

Namun, aset Prabowo sebagian besar berupa giro dan setara kas lainnya sekitar Rp 3,9 miliar dan sekitar 4,2 juta dollar AS. Prabowo juga tercatat memiliki aset berupa tiga lembar surat berharga dengan nilai total sekitar Rp 2,3 miliar.

Di samping itu, mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu memiliki harta tidak bergerak berupa dua bidang lahan dan bangunan yang berlokasi di Kabupaten Cianjur, dan di kawasan Jakarta Selatan. Total nilai dua bidang lahan dan bangunan itu sekitar Rp 2,7 miliar.

Sementara lahan dan bangunan yang berada di kawasan Jakarta Selatan diperoleh Prabowo dari hibah atau pemberian.

Tak hanya lahan dan bangunan, Prabowo memiliki tujuh unit mobil yang nilai totalnya sekitar Rp 1,45 miliar. Prabowo juga tercatat memiliki aset bergerak lainnya yang berupa logam mulia, batu mulia, serta barang-barang antik yang harganya sekitar Rp 44 juta.

Dalam dokumenitu sama, pendiri Asosiasi Petani Indonesia itu juga melaporkan perabotan elektroniknya berupa tiga televisi dan satu DVD plus VCD yang nilai totalnya sekitar Rp 68 juta. Selain harta, Prabowo tercatat melaporkan utang yang dimilikinya kepada KPK. Pada 2003, utang Prabowo sekitar Rp 500 juta dan 3,8 juta dollar AS.(*)

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
Share This