Ini Dia Fitur Fitur Baru Bus Transjakarta

Ini Dia Fitur Fitur Baru Bus Transjakarta

GOSIP OTOMOTIF, Jakarta – PT United Tracktor Tbk (UT), memperkenalkan bus Scania yang bakal menjadi bus Transjakarta di Monumen Nasional (monas), Jakarta, Kamis (8/5). Bus yang menggunakan mesin gas Euro 6 dianggap handal dan lebih ramah lingkungan ketimbang mobil TransJakarta yang ada saat ini.

bus transjakarta

Bus yang berasal dari Swedia itu dapat menampung penumpang hingga 140 orang dengan komposisi 42 kursi, 2 kursi lipat dan 96 berdiri. Mesin yang digunakan pada bus ini dianggap lebih efisien serta ramah lingk
ungan. Secara keseluruhan, mesin yang digunakan pada bus Scania gandeng tersebut memiliki kadar NOx (nitrogen oxides) lebih rendah 87,5% ketimbang mesin Euro 3. Selain itu, pada bagian karoserinya, mobil ini sudah menggunakan bahan dari alumunium yang anti karat menjadikan bus ini dapat beroperasi hingga 10 tahun. Secara tampilan, bus itu mirip dengan bus Transjakarta yang saat ini sudah beroperasi dengan dominan warna orange.

interior transjakarta

Bedanya bus ini lebih telihat lebih kotak. Pada bagian depan, lampu utama yang berukuran kecil terlihat tampak aneh dengan menyisakan banyak ruang kosong. Sementara, dibagian dalam mobil ini dilengkapi dengan 2 kursi masing-masing di sebelah kiri dan kanan. Mobil ini juga dilengkapi dengan 3 LCD Tv dan juga CCTV didalamnya. Di dalam bus ini juga disediakan sebuah kursi roda guna membantu penyandang cacat untuk menaiki mobil ini Untuk masalah kenyaman dan keamanan, bus Transjakarta yang sudah dilengkapi dengan sistem Electronic Brake System (EBS) dan Antiblock Brake System membuat laju mobil ini terasa nyaman meskipun melaju dijalan yang tidak rata.
Bahkan ketika dilakukan pengereman, penumpang di dalam bus Transjakarta hampir tidak merasakannya. Di dalam bus juga tersedia tabung pemadam kebakaran dan alat pemecah kaca jika terjadi kecelakaan. Urusan dapur pacunya, bus ini menggunakan  mesin 9,3 liter Scania Inline 5-cylinder yang mempunyai tenaga 320 hp dengan 1900 rpm. (sumber/rajamobil)

Share This