Gubernur BI: Jokowi Pengendali Inflasi Terbaik

Gubernur BI: Jokowi Pengendali Inflasi Terbaik

Gosip Politik: Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memuji Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang berhasil menurunkan laju inflasi Provinsi DKI Jakarta selama dua kuartal di tahun 2013. Joko Widodo, menurut Agus, telah memberikan prioritas pada pengendalian tingkat inflasi daerah yang dipimpinnya.

“Dia pengendali inflasi Provinsi DKI Jakarta yang terbaik,” kata Agus di kantornya, Jumat, 13 September 2013. Ia pun mengapresiasi beberapa kepala daerah yang telah berkomitmen menekan inflasi. Untuk itu, kata dia, langkah tersebut perlu dilakukan oleh kepala daerah lain yang belum berfokus untuk menekan laju inflasi di daerahnya.

Agus mengatakan Provinsi DKI Jakarta berperan 22,5 persen terhadap inflasi nasional dan menyumbang 18 persen kepada pertumbuhan ekonomi nasional. Berdasarkan data Bank Indonesia, ia mengatakan sepanjang 2011 dan 2012 inflasi Provinsi DKI Jakarta selalu lebih tinggi dari inflasi nasional. “Sementara selama dua kuartal terakhir 2013, inflasi Jakarta lebih rendah dibandingkan inflasi nasional,” kata dia.

Selain mengendalikan laju inflasi, Agus berujar kepala daerah juga harus mengerahkan awaknya untuk menjaga ketersediaan pangan, mengendalikan pengamanan distribusi, hingga pengendalian harga.

Ia mengatakan apabila langkah tersebut dilakukan oleh para kepala daerah, harga bahan pangan menjelang hari raya keagamaan tak akan meningkat tajam. “Kepala daerah yang tidak memprioritaskan pengendalikan inflasi sebaiknya jangan dipilih,” ujar Agus.

LINDA HAIRANI

Share This