Fakta Piala Dunia: Hanya 2 Kiper yang Pernah Dikartumerah

Fakta Piala Dunia: Hanya 2 Kiper yang Pernah Dikartumerah

Gosip bBola – Piala Dunia 2014 merupakan turnamen sepakbola terbesar di dunia edisi ke-20 yang digelar FIFA. Tapi, tahukah Anda ada berapa kiper yang mendapat kartu merah di ajang Piala Dunia sejak kali pertama digelar pada 1930?

Hingga kemarin, Kamis 19 Juni 2014, total ada 163 kartu merah yang dikeluarkan wasit di ajang Piala Dunia. Pemain asal Peru, Placido Galindo, menjadi pemain pertama yang mendapat kartu merah ketika melawan Rumania, 14 Juni 1930.

Sedangkan pemain terakhir yang mendapat kartu merah di ajang Piala Dunia adalah gelandang Kamerun, Alex Song. Pemain Barcelona itu mendapat kartu merah ketika Kamerun dikalahkan Kroasia 0-4 pada laga kedua Grup A Piala Dunia 2014, Rabu 18 Juni 2014.

Tapi, tahukah Anda berapa kiper yang pernah mendapatkan kartu merah di putaran final Piala Dunia? Dari total 163 kartu merah di Piala Dunia sejak 1930, ternyata hanya ada dua yang pernah dikeluarkan untuk kiper. Kedua kiper yang pernah merasakan kartu merah di Piala Dunia adalah Gianluca Pagliuca dan Itumeleng Khune.

Pagliuca menjadi kiper pertama yang merasakan kartu merah di Piala Dunia ketika memperkuat timnas Italia melawan Norwegia, 23 Juni 1994. Mantan kiper Inter Milan itu mendapat kartu merah setelah menyentuh bola di luar kotak penalti untuk menggagalkan peluang Oyvind Leonhardsen.

16 tahun kemudian, kiper asal Afrika Selatan, Itumeleng Khune, menjadi kiper kedua yang mendapatkan kartu merah di Piala Dunia. Kiper yang bermain untuk Kaizer Chiefs tersebut mendapat kartu merah ketika Afrika Selatan dikalahkan Uruguay 0-3 pada babak grup Piala Dunia 2010.

Share This