Baru Kali Ini Ada Dua Cadangan Cetak Gol untuk Belgia

Baru Kali Ini Ada Dua Cadangan Cetak Gol untuk Belgia

Gosip bola – Dua gol heroik yang dicetak olehMarouane Fellaini dan Dries Mertens tidak hanya mengantarkan kemenangan 2-1 ketika Belgia menghadapi Aljazair Aljazair pada laga grup H di Estadio Mineira, Rabu (18/6/2014). Sumbangan gol mereka menghadirkan sejarah baru bagi persepabolaan Belgia.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Belgia terdapat dua pemain pengganti yang mencetak gol dalam satu pertandingan Piala Dunia. Sebelum laga melawan Aljazair ini, baru sekali Belgia mencetak gol melalui pemain pengganti. Pemain yang dimaksud adalah Wesley Sonck ketika menjebol gawang Rusia pada Piala Dunia 2002. Ketika itu Belgia memetik kemenangan 3-2. Kemenangan terakhir Belgia di Piala Dunia.

Pelatih Belgia, Marc Wilmots, membuat dua keputusan penting dalam kariernya begitu Rode Duivels tertinggal 0-1 pada babak pertama. Pada awal babak kedua pria 45 tahun itu memasukkan Dries Mertens menggantikan Nacer Chadli. Kemudian pada menit ke-65 Wilmots menarik Mousa Dembele dan memasukkan Marouane Fellaini. Nama terakhir sedang disorot karena tampil buruk bersama Manchester United musim lalu.

Keputusan Wilmots terbukti jitu. Fellaini hanya butuh lima menit untuk menyamakan kedudukan. Umpan silang Kevin de Bruyne dari depan kotak penalti dituntaskan Fellaini dengan sundulan yang sempat mengenai tiang.

Empat menit kemudian keputusan Wilmots akhirnya menciptakan sejarah. Tendangan keras Mertens dari dalam kotak penalti Aljazair menghadirkan kemenangan pertama Belgia setelah tertinggal sejak 1986.

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Ravianto

 

Share This