Akhirnya SDA Ditetapkan Tersangka Korupsi

Selain menetapkan Menteri AgamaSuryadharma Ali sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana haji, KPK juga melakukan pengeledahan di kantor Kementerian Agama. RUang kerjaSuryadharma Ali di lantai II gedung pusat Kementerian Agama di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat digeledah hampir selama 9 jam oleh penyidik KPK.

Pantauan Tribunnews.com, sembilan penyidik KPK mengeledah ruang kerjaSuryadharma Ali yang terletak di lantai II gedung Kemenag, Lapangan Banteng sejak pukul 09.00 WIB. Penyidik KPK juga mengeledah ruang kerja Direktorat Haji yang terletak di lantai 5 tepatnya ruang Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh.

Selama pengeledahan, wartawan tidak diizinkan naik ke lantai atas gedung Kemenag.

Sekitar pukul 18.00 WIB,terlihat sembilan penyidik KPK meninggalkan gedung Kemenag sambil membawa dokumen.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas mengumumkan Suryadharma ditetapkan sebagai tersangka. “Sudah naik penyidikan dengan SDA (Suryadharma Ali) dkk sebagai tersangka,” kata Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas melalui pesan singkat, Kamis (22/5/2014).

Suryadharma Ali ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait pengadaan barang dan jasa haji di Kementerian Agama tahun anggaran 2012-2013.

Istilah “dan kawan-kawan”, kerap dipakai oleh KPK dalam sebuah surat perintah penyidikan. Merujuk hal itu, adalah SDA diduga tidak melakukan korupsi tersebut dengan sendiri, alias bersama-sama.

Namun disinggung siapa pihak lain yang juga dijerat KPK dalam kasus ini, Busyro belum mau buka suara. Sementara KPK sampai saat ini belum mengumumkan secara resmi penetapan tersangka tersebut.

Share This